Jika kamu termasuk orang yang menekuni dunia Otomotif, pasti sudah tidak asing lagi dengan mobil listrik. Mobil dengan bahan bakar minyak dan energi listrik ini sudah populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Salah satu perusahaan yang memproduksi mobil listrik adalah Tesla Motors.

Apakah kamu penasaran dengan Pionir Tesla Motors? Yuk, Simak informasi yang akan disampaikan dibawah ini.

PENGERTIAN PIONIR

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Arti kata Pionir adalah Penganjur; Pelopor; Perintis Jalan; Pembuka Jalan. Jadi, Pionir adalah seseorang yang pertama kali menciptakan atau menghasilkan sesuatu berdasarkan hasil pemikiran dan usaha nya sendiri.

Setelah mengetahui arti dari kata Pionir, mari kita masuk pada pembahasan utama yaitu, Pionir Mobil Listrik Tesla yang Mendunia.

SEJARAH TESLA MOTORS

Tesla merupakan perusahaan otomotif yang secara khusus memproduksi mobil listrik berkecepatan tinggi. Nama Tesla sendiri dipilih sebagai bentuk penghargaan yang diberikan kepada Nikola Tesla, seorang Insinyur dan Fisikawan yang berhasil menciptakan banyak temuan di abad ke-19. Nikola Tesla dilahirkan di Smijan, Kroasia, 10 juli 1856. Kemudian pada tahun 1891 menjadi warga negara Amerika Serikat selagi bekerja di negara tersebut dan sempat menjadi asisten Thomas Edison.

Berdasarkan sejarahnya, Tesla Motors didirikan oleh dua Insinyur otomotif asal Silicon Valley, Amerika Serikat (AS): Martin Ebenhard dan Marc Tarpenning pada tanggal 1 Juli 2003, San Carlos, California, Amerika. Mimpi mereka mendirikan Tesla sederhana,  Kedua orang itu ingin membuktikan bahwa mobil listrik dapat tampil selangkah lebih baik, dibanding mobil berbahan bakar minyak. Keduanya memilih nama Tesla sebagai bentuk penghargaan kepada Insinyur sekaligus Fisikawan, Nikola Tesla (1846-1943).

Ebenhard, di besarkan di Kensington, California, dan menempuh studynya di University of Illinois di Urbana-Chaimpaign, Ebenhard memproleh gelar sarjana (1982) dalam teknik computer dan gelar master (1984) di bidang teknik listrik, dan kemudian menduduki berbagai posisi termasuk Insinyur listrik di Wyse Technology, wakil presiden elektronik di Belfort Memory International, dan chief engineer Network Computing Devices yang di dirikannya.

Sedangkan Tarpenning dibesarkan di Sacramento, California, dan memproleh gelar sarjana (1985) dalam ilmu computer dari University of California, Berkeley. Kemudian memulai karirnya dengan bekerja untuk konglomerat Textron di Arab Saudi. Tarpenning juga mengembangkan perangkat lunak dan Firmware produk untuk beberapa perusahaan, termasuk Seagate Technology dan Bechtel, kemudian menjabat sebagai wakil Presiden teknik di paket desain.

Akan tetapi, mimpi itu takkan menjadi kenyataan jika pria cerdas bernama Elon Musk tak bergabung didalamnya pada 2004. Peran Elon Musk sebagai Direktur utama Tesla Motors sangat menentukan kiprah Tesla. Sejarah dari Tesla sendiri dimulai pada tahun 2004, dimana Elon Musk memiliki tujuan utama untuk mengomersialkan mobil listrik dimulai dari mobil Sport premium sebagai awal mula. Penjualan pada awalnya menyasar pada mobil Sport, kemudian masuk ke kendaraan yang lebih populer, termasuk Sedan dan mobil Compact. Musk menginginkan mobil berbahan Carbon Fiber Reinforced Polymer.

Elon Musk yang dikenal sebagai pendiri PayPal kemudian memberikan modal kepada Tesla Motors sebesar 7,5 juta Dolar. Setelahnya, popularitas Musk membuat investor-investor berbondong menanamkan investasi  kepada perusahaan yang berbasis di California. Beberapa di antaranya Tesla Motors mendapatkan dukungan dari duo pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page. Mantan CEO Ebay, Jeff Skoll, hingga ahli waris dari kerajaan bisnis Hyatt Hotel, Nick Pritzker. Nick sendiri pada 2005, telah menanamkan modal hingga 40 juta Dolar.

JENIS-JENIS TESLA

Mobil listrik kini semakin banyak diincar. Selain ramah lingkungan, perawatan mobil listrik cukup mudah dan simple. Salah satu mobil listrik yang paling terkenal adalah Tesla. Di Indonesia sendiri, Dealer resmi penjualan Tesla dipegang oleh Prestige Image MotorCars, Tesla dilaporkan telah menguasai 22,2% Pangsa pasar kendaraan listrik di dunia dengan penjualan mencapai 2,65 juta unit pada Januari-Juni 2021. Mobil Tesla sendiri dihargai mulai dari Rp 1.000.000.000. Berikut ini beberapa jenis mobil Tesla:

A. Tesla Roadster

Pada 2005, Tesla mulai menandatangani kontraknya dengan Lotus umtuk memproduksi mobil lengkap tanpa mesin bertenaga. Hal inilah menjadi cikal bakal mobil Sport premium Tesla, yaitu Tesla Roadster. Tesla Roadster sendiri diluncurkan pada Juli 2006. Mobil ini sepenuhnya bermesin listrik. Dalam sekali pengisian baterai, mobil ini dapat menempuh jarak sejauh 356 km. Tesla Roadster dapat menempuh jarak 0-100 km/jam hanya dengan waktu 4 detik.

Mobil ini ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan suara sama sekali. Berkat Tesla Roadster, Musk mendapatkan penghargaan desain Global Green 2006 yang diserahkan oleh mantan Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev. Selain itu, Musk mendapatkan penghargaan lain, yaitu Index Design Award pada tahun 2007 berkat Tesla Roadster.

Mobil ini merupakan mobil listrik pertama yang boleh dikendarai di jalan bebas hambatan di Amerika Serikat. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2008, Tesla telah berhasil menjual 2.024 unit Roadster (sampai September 2011) di 30 negara. Tesla mulai memberhentikan pemesanan Roadster pada bulan Agustus 2011.

B. Tesla model S

Pada tahun 2009, Tesla kembali meluncurkan mobil listrik baru menemani penjualan Tesla Roadster. Tesla model S diperkenalkan pada masyarakat umum pada Maret 2009. Mobil Sedan bermesin listrikini memiliki vitur yang memukau, salah satunya adalah Dashboard dengan system layar sentuh. Dalam segi mesin, mobil ini dapat menempuh jarak 300 km dalam sekali pengisian baterai. Menariknya, dengan menggunakan mesin listrik, Sedan ini dapat menempuh 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,5 detik.

Penjualan Tesla model S ini menjadi mobil Sedan Tesla yang popular. Pada 2011, pemesanan model S mencapai 6.500 unit. Penjualan model S yang paling banyak di Norwegia dan menjadi mobil listrik utama dengan penjualan terbanyak di dunia.

C. Tesla Model X

Pada Februari  2012, Tesla kembali meluncurkan mobil Crossover yang dinamai Tesla model X, pemesanan diterima mulai tahun 2013, dan pengiriman dilakukan pada tahun 2014. Tesla model X memiliki penggerak empat roda dengan baterai berkekuatan 85 kWh. Mobil ini dapat menempuh 0-100 km/ jam dengan waktu kurang dari 5 detik.

D. Tesla model 3

Pada tahun 2016, Tesla kembali meluncurkan lini produk barunya, yaitu Tesla model 3. Model 3 merupakan Sedan listrik kompak, mobil ini memiliki 3 pilihan baterai, yaitu baterai berkapasitas 54 kWh, 63 Kwh, dan 75 Kwh. Dalam sekali pengisian baterai, mobil ini dapat menempuh jarak  hingga 480 km. Model 3 menjadi mobil listrik dengan penjualan terbanyak pada tahun 2020.

Berdasarkan pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa usaha yang dilakukan oleh Musk Elon dalam      memimpin Tesla dapat dijadikan motivasi untuk diri kita sendiri agar menjadi orang yang terus berusaha,  sabar, dan pantang menyerah.

Nah sekarang kamu sudah tau apa itu Pionir mobil listrik Tesla, sejarah dan juga jenis-jenisnya, jika kamu membutuhkan info-info lainnya yuk pantau terus webnya Wi-Learning! Disana banyak info-info menarik yang bisa kamu dapatkan secara GRATIS!

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Open chat
Halo Sobat Wi-Learning 👋🏻
Ada yang bisa admin bantu ? 😊
%d bloggers like this: