Jika kamu seseorang yang berkecimpung dalam dunia Industri kreatif seperti fotografer, desain grafis, atau editor foto, kamu mungkin sudah sering mendengar Photoshop. Namun, jika kamu bekerja di industri lain dan tertarik mengejar karier di bidang seni grafis, maka kamu perlu mengenal Photoshop. Photoshop adalah standar industri visual bagi para pembuat konten grafis seperti iklan, banner, edit foto media sosial, dan lainnya. Bahkan, sekarang Photoshop adalah salah satu program aplikasi editing yang diajarkan di sekolah kejuruan di bidang seni grafis. Untuk memahami lebih jauh tentang Photoshop, yuk simak penjelasan, fungsi, dan fitur yang ada.

Apa itu Photoshop ?

Photoshop adalah aplikasi untuk mengedit foto dan gambar dalam format tertentu, secara profesional baik meliputi modifikasi obyek yang sederhana atau obyek yang sulit sekalipun. Photoshop menjadi salah satu aplikasi yang sangat berguna dalam mengolah gambar berbasis bitmap, yang memiliki tool dan efek yang lengkap sehingga bisa menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi.  Karena kelengkapan fitur yang ada di dalam Photoshop inilah yang menjadikan aplikasi ini banyak digunakan oleh desainer grafis.

Photoshop pertama kali dikembangkan oleh Thomas Knoll, yang mana beliau ini adalah mahasiswa di sebuah Universitas pada tahun 1987. Beliau kemudian menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale di layar monokrom. Program ini, yang disebut Display, dan kemudian menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang pekerja atau karyawan di Industrial Light and Magic, yang merekomendasikan Thomas agar dirinya mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Kemudian Thomas mengambil 6 bulan untuk istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang sudah diubah namanya menjadi ImagePro.

Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya tersebut diubah menjadiPhotoshopkemudian bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan guna mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner, “total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan” menggunakan cara ini.

Fungsi Photoshop

Yang paling dasar, fungsi Photoshop adalah mengedit foto atau gambar. Selain itu, fungsi lain Photoshop  adalah mendesain tema website dan poster. Berikut ini adalah beberapa fungsi Photoshop:

1. Photo Editing

Hampir setiap fotografer yang ada saat ini membutuhkan perangkat lunak untuk mengedit hasil jepretannya. Dalam hal ini, fungsi Photoshop adalah untuk mengedit foto seperti berikut:

  • Menyesuaikan tingkat warna foto
  • Mengubah ukuran foto
  • Menghapus atau mengubah objek foto
  • Menerapkan filter tertentu
  • Mengubah format berkas foto
  • DLL.
2. Desain konten UI

Fungsi lain Photoshop  adalah merancang konten UI (User Interface). Misalnya, logo, tombol, desain bilah, GIF, dan lainnya.

3. Desain Grafis

Ada banyak tools atau alat yang bisa dipakai di dalam software Photoshop untuk seni desain grafis. Misalnya, efek seperti bayangan jatuh, air, api, dan efek lainnya. Semuanya bisa dilakukan dengan beberapa klik memakai kuas digital, sehingga desainer grafis bisa menghasilkan foto berkualitas.

4. Konten Media Sosial

Para admin media sosial merancang Postingan yang menarik dengan foto-foto berkualitas. Feed Facebook atau Instagram Stories akan semakin memikat audiens jika menggunakan berbagai tools yang tersedia di Photoshop.

5. Animasi

Membuat animasi grafis sederhana. Pertama, buat satu set layer, lalu aktifkan panel animasi dan timeline. Selain itu, pengguna Photoshop bisa mengubah format animasi dalam bentuk GIF.

Fitur – fitur yang ada pada Photoshop

Seiring perkembangan Photoshop banyak fitur yang ditambahkan. Setiap versi baru memiliki beberapa fitur yang diperkenalkan pada para penggunanya. Adapun beberapa fitur-fitur terbaik Photoshop sebagai berikut:

1. Layer

Layer mempermudah pengguna Photoshop untuk menggambar atau mendesain berbagai elemen secara terpisah dalam lapisan. Selanjutnya, digabungkan sesuai urutan tampilannya.

2. Pengaturan Warna

Dalam palet warna, pengguna bisa memilih berbagai nuansa turunan warna mode RGB, seperti merah, hijau, biru dll. Namun, jika ingin warna yang lebih kaya, bisa beralih ke mode LAB atau CMYK.

3. Pen Tool

Fitur penting lainnya dari Photoshop adalah pen tool. Baik software desktop, maupun versi online, selalu tersedia fitur terbaik ini. Pen tool sangat fleksibel untuk menggambar bentuk atau mengedit bentuk apapun dengan tangan kosong.

4. Hue and saturation

Fitur Hue and saturation adalah salah satu fitur penting di Photoshop. Fitur ini memungkinkan desainer/editor untuk menyesuaikan rona dan warna saturasi, mengubah kekayaan warna dan intensitasnya dalam foto, sehingga gambar terlihat lebih alami dan realistis.

5. Selection tool

Fitur Photoshop selanjutnya adalah selection tool yang umum dipakai para desainer. Fitur ini membuat para desainer lebih mudah ketika memilih sudut atau garis tertentu yang akan diedit menjadi lebih detail.

6. Slice tool

Slice tool dari Photoshop adalah fitur yang tersedia untuk kebutuhan memotong gambar menjadi irisan sedemikian rupa. Gambar yang sudah dipotong pada dasarnya akan dipakai untuk pengembangan situs web, sehingga waktu pemuatan (loading) situs web menjadi lebih cepat, ringan, dan terasa mulus.

Nah sekarang kamu sudah tahu apa itu aplikasi Photoshop, dan berbagai hal lainnya mengenai aplikasi ini. Tahukah kamu ? Wi-learning dapat menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang ingin mempelajari Aplikasi Photoshop. Kamu bisa mempelajari aplikasi ini bahkan ketika kamu belum mempunyai  dasar keterampilan ini sama sekali. Karena Wi-learning akan membantu kamu   untuk mempelajarinya mulai dari  tingkat yang paling dasar. Yuk pelajari aplikasi Photoshop bersama sobat Wi-learning.

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Open chat
Halo Sobat Wi-Learning 👋🏻
Ada yang bisa admin bantu ? 😊
%d bloggers like this: